Kamis, 10 September 2009

Melakukan Ekspor Dan Impor Data Pada Wordpress

Fasilitas ekspor impor dari Wordpress memberikan kemudahan pada Anda sewaktu – waktu ingin memindahkan tulisan dari satu blog ke blog lainnya. Cara ini memungkinkan Anda untuk memindahkan artikel dari blog lama Anda yang baru. Fasilitas impor tulisan di sini tidak hanya mendukung blog WordPress; Anda dapat pula mengimpor tulisan dari blog lain sperti Blogger, LiveJournal atau Typepad.
Penulis akan menjelaskan yterlebih dahulu bagaimana supaya kita dapat mengekspor tulisan pada blog di localhost kita. Melalui cara ini WordPress akan otomatis menyimpan tulisan dan atribut tulisan Anda ( tag dan kategori ) ke dalam file xml yang dapat Anda download. Untuk melakukan proses ekspor masuklah ke halaman Admin lalu pilih menu Kelola dan ke submenu Ekspor maka tampilan layar akan seperti gambar di bawah ini.
Pertama jika blog Anda multiuser maka Anda dapat terlebih dahulu menyeleksi penulis artikel yang tulisannya ingin Anda ekspor. Setelah itu Anda bisa langsung klik Undah Berkas Ekspor, maka terbuka dialog Save File. Klik Save dan simpan file xml di lokasi direktori yang Anda inginkan. Pastikan Anda mengingat folder di mana Anda men-download file xml ini, yang nantinya akan dipakai untuk proses impor.
Sekarang kita beralih ke submenu Import. Di sini Anda dapat mengimpor tulisan dari blog lain ke dalam blog Anda sekarang. Saat ini WordPress menyediakan tidak kurang dari 13 tipe pilihan impor dari file atau blog tools ( masih di tambah satu lagi yakni konversi kategori ke tag dan sebaliknya ). Untuk memilih Anda tinggal mengklik salah satu dari pilihan tersebut.
Mari kita mulai dengan mengimpor tulisan WordPress. Di sini Anda akan dimintai file xml sperti yang telah Anda download sebelumnya. Untuk itu Anda tinggal klik Browse dan pilih file xml hasil ekspor sebelumnya. Selanjutnya Anda klik Unggah Berkas dan Impor.
Langkah selanjutnya Anda menentukan apakah penulis tulisan pada blog lama ingin dialihkan ke penulis yang baru ( ciptakan pengguna ) atau penulisan tersebut dipetakan ke penulis yang sudah ada. Di sini Anda juga dapat memilih untuk mengimpor lampiran tulisan ( seperti gambar pada tulisan ) atau tidak. Jika tidak, maka tulisan tersebut tetap ditransfer namun tidak besert lampirannya; jika ya, maka Anda mungkin harus ekstra sabar menunggu proses impor; cepat tidaknya bergantung pada banyaknya lampiran tulisan. Setelah itu klik tombol Kirim.
Proses ekspor ini akan berguna untuk mengirimkan tulisan dengan cepat dan mudah. Misalkan saja punya dua blog: satu blog benar – benar online dan satu lagi berada di localhost; atau satu blog di WordPress.com dan satu lagi hosting sendiri. Jika Anda dengan mudah mentransfer tulisan, komentar, halaman, tag, dan kategori dari atribut tulisan di antara blog tersebut. Perlu diingat juga jika ada tulisan yang judulnya sama persis maka tulisan tersebut tidak akan ditimpa saat Anda impor tulisan yang baru. Untuk itu Anda mungkin ingin menghapus dahulu tulisan lama sebelum mengimpor tulisan dengan judul sama namun lebih update.
Anda mungkin ingin melakukan impor dari blog lainnya seperti blogger, namun untuk itu Anda perlu koneksi internet, hosting server yang telah enkripsi SSL ( Anda tidak dapat melakukannya dari localhost, blog harus online erlebih dahulu dan pastikan Anda memilih web hosting yang mendukung enkripsi SLL), dan tentunya akun dan tulisan dib logger. Jika Anda memiliki semua itu maka Anda dapat memulainya dan saya akan menuntun Anda melakukannya.

1. Pertama Anda sebagai pemilik blog di blogger harus memberi kuasa untuk mengimpor tulisan. Untuk itu klik saja tombol Beri Kuasa.

2. Setelah itu Anda akan tersambung ke situs Google dan Google butuh informasi akun Anda, jadi silakan login terlebih dahulu.

3. Anda harus membersihkan hak akses untuk mengakses akun blooge

4. langkah selanjtnya adalah mengklik tombol Impor, maka semua tulisan beserta komentar dari situs blogger Anda akan otomatis diimpor.

Semalamat Mencoba, Semoga Semakin Sukses.

2 Comentários:

Anonim mengatakan...

thanx Bro infonya......
mampir ya ke Blog Saya... :-)

Saut Erico mengatakan...

Makasih Gan, atas kunjunganya..

Posting Komentar

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mari Gabung Disini

My Pagerank

Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter
Cpx24.com CPM Program

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO