Kamis, 10 September 2009

Mengelola Komentar Pada Wordpress

Seperti yang Anda ketahui sebuah blog bersifat interaktif, salah satu bentuknya adalah melalui komentar yang dapat disetor pengunjung. Pertama Anda mungkin ingin melihat bagaimana cara seseorang dapat mengirim komentar ke blog Anda. Komentar hanya di muat pada halaman tulisan tunggal, itu berarti masing – masing artikel mempunyai kolom komentarnya masing – masing. Form komentar terletak di bagian bawah artikel dan jika ada komentar atas masuk di atasnya. Seseorang yang ingin berkomentar wajib mengisi nama, email dan tentunya isi komentar. Anda juga kolom situs web, jika ini diisi maka nama si pemberi komentar nantinya akan otomatis menjadi link ke alamat situs web yang ditulisnya.

Semua pengunjung yang tertarik dengan pembahasan topik artikel di blog Anda biasanya akan meninggalkan komentar pada artikel tersebut. Mereka mungkin mengucapkan rasa terima kasih, pertanyaan atau sanggahan pada artikel yang Anda buat. Sementara orang – orang bebas berkomentar di blog Anda mungkin Anda mendapatkan komentar – komentar tersebut keluar topik, tak berarti/junk, spam, menimbulkan SARA dan sebagainya. Jika situs Anda semakin berkembang, Anda sebagai pemilik blog akan punya tugas rutin untuk menjadi moderasi. Beruntung WordPress telah di lengkapan dengan fasilitas yang cukup andal dalam mengendalikan komentar – komentar tersebut.

WordPress memungkinkan untuk menghalagi komentar spaming berdasarkan IP (Internet Protokol) address, email, nama atau daftar hitam kata. Nam ingat baik – baik, para spamer sering kali menggunakan IP random, yang memungkinkan Anda menghalangi pengguna legal, bukan para spamer.

Untuk mengatur komentar Anda di WordPress, terlebih dahulu masukkan ke halaman Admin pilih menu Komentar. WordPress telah menyediakan fasilitas pencarian komentar, jadi Anda dengan mudah dapat mencari komentar tertentu; hanya dengan menyebutkan kata kuncinya, maka secara otomatis WordPress mencarikan komentar tersebut berdasarkan teks, email, IP address, atau alamat URL. Lebih lanjut ada beberapa tab di sini; untuk tampilan Detail akan menunjukkan nama, email, situs web pengomentar beserta isi komentar, sedangkan tampilan Seranai tidak menampilkan isi komentar. Anda juga dapat menyaring tampilan komentar berdasarkan yang telah disetujui dan menunggu moderasi.

Perintah dasar Kelola Komentar di sini terdiri atas 4 macam perintah, yakni setuju. Tandai sebagai Spam, Tolak dan Hapus. Berikut ini penjelasannya.

Setuju : menampilkan komentar yang sedang menunggu moderasi.

Hapus : menyembunyikan komentar yang telah disetujui untuk sementara dan nantinya masih dapat Anda setujui kembali.

Tandai Sebagai Spam : komentara akan otomatis terhapus dan cirri komentar tersebut akan dihafalkan oleh WordPress, sehingga apabia ada komentar yang serupa maka akan langsung dikategorikan sebagai spam.

Mengatur komentar secara umum dapat Anda lakukan pada menu Pengaturan Diskusi. Pertama Anda masuk ke menu Pengaturan lalu pilih submenu Diskusi. Semua opsi di sini berlaku pada setiap artikel secara keseluruhan. Di sini Anda dapat mengizinkan pengguna untuk berkomentar atau tidak dan mengizinkan ping dan track back (lack balik).

Kolom berikutnya adalah “Email saya ketika ada komentar yang masuk” dan “ Ada komentar yang ditahan moderasi”. Anda yang lebih sering mengecek email mungkin ingin kedua opsi ini dibiarkan aktif, jadi Anda selalu mendapat informasi dari email. Namun untuk Anda yang jarang memeriksa email dan email notifikasi ini hanya dianggap memenuhi email karena banyaknya komentar di blog Anda, maka Anda dapat menonaktifkan kedua opsi tersebut.
Kolom ketiga dapat bermanfaat untuk menangkal spam, yakni admin harus menyetujui komentar meskipun ini mengalihkan waktu Anda. Namun ini adalah cara paling sederhana untuk menangkal spam. Opsi kedu, penulis komentar harus mengisi alamat dan email, jika tidak diaktifkan maka penulis komentar tidak wajib menulis nama dan alamat email miliknya, tapi tetap bisa menuliskan komentar. Untuk opsi selanjutnya, yakni penulis komentar, setidaknya ada satu komentar yang telah disetujui sebelumnya, jadi bila ada komentar yang telah disetujui komentarnya lalu mengeposkan kembali komentar dengan nama dan email yang sama, maka komentar tersebut otomatis langsung disetujui. Ini adalah satu cara yang tepat untuk menangkal spam dari orang – orang yang belum Anda kenal dan menyasar ke blog Anda.

Kolom di bawahnya terdapat opsi untuk menahan komentar untuk dimoderasi. Pertama untuk dapat menentukan berapa banyak link yang masuk pada komentar sehingga komentar tersebut dianggap spam. Seperti Anda tahu, spam biasanya hanya berisi link – link ke situs lain sebagai langkah promosi. Pada text area di sini Anda dapat menuliskan kata – kata yang ingin ditahan untuk dimoderasi jika ada kata – kata tersebut pada komentar ( termasuk juga pada nama, email, IP address dan situs si pemberi komentar ) maka komentarnya akan masuk ke daftar antrean moderasi.

Pada kolom di bawahanya lagi terdapat kolom daftar hitam komentar: kolom ini bekerja hampir sama dengan di atasnya, hanya saja jika Anda menuliskan kata – kata di sini dan WordPress menganggap sama dengan kata pada komentar dan identitas si pemberi komentar, maka komentar itu akan otomatis dimusnahkan bahkan Anda tidak di beritahukan sebelumnya ( sebagai contoh jika Anda menuliskan kata “press” maka WordPress akan menganggap kata WordPress sebagai kata yang Anda maksudkan dan akan langsung dimusnahkan ).

Di sini Anda juga dapat mengatur avatar untuk komentator. Avatar adalah logo atau simbol yang menggambar komentator. WordPress telah di lengkapi dengan sistem gavatar ( global recognized avater ) sejak versi 2.5. gravatar pada WordPress mengambil gambar langsung dari situs resmi gravatar. Jadi gambar – gambar tersebut tidak tesimpan di server Anda. Si pemberi komentar juga dapat mengrimkan fotonya sendiri sebagai avatar jika mereka sudah bergabung dan daftar di situs gravatar ( www.gravatar.com ). Perhatikan juga karena fitur ini terbilang baru, maka tidak semua tema mendukung gravatar ( nanti Anda akan mempelajari cara mengganti tema ).

Di sini Anda di beri opsi untuk menampilkan avatar atau tidak, kategori rating apa yang diizinkan untuk tampil ( terkadang ada pengguna nakal yang menggunakan foto avatar seronok ), dan terakhir Anda dapat mengatur seperti apa tampilan avatar untuk komentator. Tampilan ini mengggantikan jika si komentator tidak terdaftar/tidak memiliki avatar di situs gravatar.

2 Comentários:

bowo mengatakan...

punya blog WP ga bozz

Saut Erico mengatakan...

Punya gan..

Posting Komentar

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mari Gabung Disini

My Pagerank

Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter
Cpx24.com CPM Program

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO