Kamis, 10 September 2009

Menuliskan Link (Taut) Pada Wordpress

Link atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut taut, merupakan salah satu bagian penting dari sebuah blog. Sebuah link dapat berarti sebuah tinjauan atau penghargaan untuk alamat url yang lain. Penggunaan link ke berbagai situs dapat menaikkan trafik pengunjung dari situs – situs tersebut.
Dalam WordPress kategori bahwa untuk mengatur link disebut dengan Blogroll. Pada keadan awal, menu Blogroll akan ditampilkan pada sidebar atau saat ini ada di sebelah kanan halaman blog Anda; Anda lihat sendiri ada beberapa link bawaan dari WordPress yang sudah ada di Blogroll.

Untuk menuliskan taut Anda, masuklah ke menu Tulis lalu pilih submenu Taut. Tampilan menu saat menuliskan cukup sederhana di sini. Pada kolom nama Anda tuliskan sebuah nama yang nantinya akan muncul di halaman depan blog Anda. Selanjutnya pada kolom alamat web Anda isi dengan alamat URL yang dituju. Terakhir pada kolom deskripsi Anda isi penjelasan singkat tentang situs tersebut, deskripsi yang Anda tulis akan muncul jika kursor menunjuk pada link. Setelah selesai Anda klik tombol Simpan di samping kanan.

Secara default link baru yang Anda buat akan dimasukkan ke kategori Blogroll. Bagaimanapun Anda dapat membuat kategori link sendiri. Untuk melakukannya, bukan kolom Kategori lalu tuliskan nama kategori yang Anda inginkan, lalu klik Tambah.

Anda dapat mengatur berbagai opsi tingkat lanjut. Pertama Anda dapat mengatur target link. Untuk target_blank berarti link akan terbuka pada jendela baru, sedangkan_top berarti link akan terbuka pada jendela yang sama. Selanjutnya Anda dapat mengatur relasi Anda dengan si pemilik link situs yang Anda buat, bisa sebagai teman, famili atau kekasih. Relasi tersebut dibuat berdasarkan standar XFN, namun di sini Anda cukup mencentang check box yang disediakan dan WordPress akan membuatkan kode xfn sendiri secara otomatis.

WordPress juga mengizinkan Anda untuk membuat link dengan gambar atau link berdasarkan RSS. Untuk membuat link dengan RSS, Anda tinggal memasukkan URL gambar yang telah ada, maka nantinya gambar akan dimunculkan sebagai pengganti dari nama link. Sedangkan link RSS akan memberikan informasi yang langsung merujuk pada headline alamat feed RSS yang Anda masukkan.

Selamat Mencoba, Semoga Semakin Sukses

2 Comentários:

Anonim mengatakan...

Sepertinya wordpress juga mudah ya..

Saut Erico mengatakan...

Lumayan gan, blogger juga bagus..

Posting Komentar

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mari Gabung Disini

My Pagerank

Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter
Cpx24.com CPM Program

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO